• Homepage
  • >
  • Info
  • >
  • Yuk, Kenali Cara Sukses Cepat Dalam Franchise

Yuk, Kenali Cara Sukses Cepat Dalam Franchise

  • 2 Months ago

Zaman sekarang, waralaba/franchise termasuk binis yang banyak digeluti. Namun mesti kamu ketahui,untuk menjadi seorang suksesor dalam waralaba bukanlah hal yang gampang. Pada awal tahun lalu, tiga franchise ternama berada di ambang kebangkrutan: Taco Del Mar Franchising Corp., Uno Restaurant Holdings Corp., and Daphne’s Greek Café.

Setiap tahunnya selalu ada waralaba yang mengalami penurunan drastis. Hal ini menunjukkan bukan berarti setiap franchise pasti memberikan jaminan keberhasilan. Jika tidak memenuhi standarnya, seseorang pengusaha bisa saja gagal dalam menjalankan bisnisnya walaupun memiliki modal yang lebih. Sebelum memilih sebuah franchise untuk dijalankan alangkah baiknya jika mempelajari tips yang diberikan suksesor yang menekuni bidang tersebeut. Menghadiri seminar-seminar bisnis juga dapat menjadi salah satu kunci sukses untuk mendongkrak bisnis.

Mengapa memilih franchise?

Banyak orang memiliki ketertarikan untuk menjalankan usaha franchise sebagai jalan pintas untuk menjadi seorang wirausahawan. Ingin memiliki bisnis tersendiri tetapi tidak mempunyai ide dan takut memiliki risiko kegagalan membuat franchise menjadi salah satu strategi usaha yang banyak digemari. Sistem ini biasanya dipilih oleh orang yang memiliki modal yang cukup tetapi tidak memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis.

Pemilihan bisnis franchise

Sebelum memulainya, kamu harus memikirkan secara matang bisnis apa yang sesuai dengan kemampuanmu. Janganlah mengikuti orang-orang yang sukses dengan bisnis mereka karena belum tentu kamu akan sesuai dengan bisnis tersebut. Semua usaha tetap dapat memberikan hasil jika dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan kemampuan kamu di bidang yang kamu senangi, maka ini akan memberikan kamu kemudahan lebih dalam menjalankannya. Untuk awal, ada bagusnya jika kamu memulai memilih usaha franchise yang tergolong memerlukan modal sedikit untuk meminimalkan “lumbung” keuangan kamu seandainya  Collapse. Dengan zaman teknologi yang canggih, bisnis franchise dapat dilakukan siapapun bahkan seorang ibu rumah tangga. Tentunya dengan hal tersebut, bisnis online menjadi salah satu bisnis yang dipopulerkan di kalangan masyarakat.

Bagi kamu yang masih pemula dan belum mengerti cara menangani franchise/waralaba dengan benar, kamu dapat mengikuti tips yang diberikan salah satu konsultan ekonomi ternama, Cheri Carrol, di bawah ini:

1. Pilih bisnis yang cocok

Franchise membutuhkan keahlian yang cocok untuk memberikan hasil yang lebih baik daripada mereka yang sama sekali tidak memiliki keahlian dalam bisnis tersebut. Cari tahu apa yang menjadi kesukaan kamu, contohnya jika kamu menyukai anak-anak maka kamu dapat mencari franchise yang menjual baju anak-anak ataupun mainan. Seandainya kamu lebih cenderung menyukai teknologi, maka sebuah konsep waralaba yang berkaitan dengan komputer dapat menjadi solusinya. Menjalankan franchise sesuai minat akan memberikan peluang sukses yang lebih besar.

2. Kembangkan kemampuan bisnis

Luangkan waktu kamu untuk mengikuti kelas yang mempelajari tentang bisnis. Ingat, sebagian besar orang yang tidak memiliki dasar dalam berbisnis, akan mengalami kesulitan dalam membaca “pengelolaan” dalam bisnisnya. Cara yang tepat dalam  memperkerjakan karyawan dan juga memecat mereka juga merupakan faktor penentu dalam bisnis.

3. Jangan pernah berhenti memasarkan

Sebagai seorang pengusaha franchise, tugas utama kamu adalah memasarkan produk yang kamu jual. Sesibuk apapun, ingatlah selalu untuk menyempatkan waktumu untuk mempromosi. Identifikasi calon konsumen yang menjadi target pemasaran dan susunlah strategi marketing yang efektif.

4. Dengarkan keluhan pelanggan

Memahami apa yang menjadi keinginan pelanggan merupakan salah satu peluang sukses dalam memilih barang yang akan dijual. Tentunya hal ini akan membuatmu mempertimbangkan kembali pemasokkan barang yang dikeluhkan. Kepuasan pelanggan juga menjadi faktor penentu dalam keberhasilan franchise.

5. Tambah varian produk

Jangan pernah mentok dalam penjualan. Selalulah mencari pembaruan dengan meluncurkan produk baru agar pelanggan tidak bosan dengan produk yang didagangkan. Jangan pernah terlena dengan beberapa pelanggan yang setia dengan produk lama. Dengan penambahan produk baru, pastinya kamu dapat menarik pembeli untuk menjadi pelanggan barumu.

6. Hindari penggunaan kartu kredit

Penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat mengerogoti keuntungan kamu secara perlahan. Pastikan untuk mempunyai dana lebih dalam memulai sebuah bisnis untuk menghadapi pembiayaan tidak terduga ataupun kerugian kedepannya. Sangat disarankan kamu memperhitungkan modal kerja untuk 6 bulan sampai satu tahun kedepan selain modal investasi.

Franchise yang bertahan lama

Kamu mungkin sudah banyak melihat atau mendengar franchise yang gulung tikar. Meskipun begitu, tidak jarang ada franchise yang dapat bertahan lama. Bisnis makanan menjadi salah satu jenis usaha yang bertahan lama. 

Hal ini dikarenakan kebutuhan utama masyarakat adalah makanan. Dengan pelayanan fast food yang diberikan, kepraktisan ini membuat bisnis tersebut akan payah untuk gulung tikar. Di samping itu, franchise yang bergerak di bidang kebutuhan pokok juga bertahan lama dan bahkan sekarang semakin bertambah. Tidak hanya memberikan pelayanan yang baik, mereka juga menjual barang kebutuhan pokok dengan promo yang menarik. Dengan pembagian brosur promo produk secara langsung akan menarik pembeli untuk berdatangan.

Lihat saja sekarang, masyarakat desa tidak takut lagi untuk berbelanja di minimarket. Walaupun dulunya mereka menggangap berbelanja di warng lebih murah dibandingkan minimarket. Dengan penerangan yang cukup dan ruangan yang sejuk memberikan nilai plus lebih bagi pembeli untuk lebih memilih berbelanja di minimarket.

Membangun sebuah franchise tidak menjanjikan akan memberikan keuntungan yang instan. Komitmen dan fokus menjadi kunci penentu seseorang dalam menjalankan bisnis tersebut. Jadi sebelum kamu mendirikan sebuah franchise, pastikan semua itu sudah ditanam dalam dirimu agar kamu tidak mundur dalam menjalankannya.

 

 

 

 

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »