• Homepage
  • >
  • Blog
  • >
  • Yuk, Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Internet Marketing

Yuk, Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Internet Marketing

  • 4 Months ago

Pada masa sekarang, internet berkembang dengan sangat pesat. Internet merupakan suatu jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran jaringan komputer secara terbuka dengan menggunakan sistem standar global transmission control protocol/ internet protocol suite (TCP/ IP).

Seiring dengan perkembangan internet tersebut banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk berbisnis, salah satunya adalah internet marketing. Mungkin kita sering mendengar kata yang satu ini, akan tetapi kurang memahami apa itu internet marketing. Untuk mengetahui lebih dalam tentang internet marketing, mari kita simak artikel di bawah ini.

Pengertian Internet Marketing

Secara umum, pengertian dari internet marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media internet ataupun secara online. Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya jualan lewat internet. Sebenarnya itu tidak salah juga karena kalau dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, kalau kita sudah bicara pemasaran, berarti itu bukan hanya penjualan tapi juga termasuk promosi, beriklan, branding, dan pelayanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Internet Marketing sendiri merupakan bahasa Inggris yang jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia adalah “Pemasaran Internet”. Istilah Dari Pekerjaan Ini Juga Sering Kita Dengar Seperti; Internet Marketing, E-Marketing, Atau Online-Marketing. Serta Banyak Istilah-Istilah Lain Yang Kita Dengar Yang Berhubungan Dengan Internet Marketing.

Untuk lebih mudahnya, internet marketing itu bisa dibagi dalam dua kelompok, yaitu sebagai cara promosi secara online, dan cara menghasilkan uang secara online. Inti dari internet marketing sebenarnya hanya dua itu, tapi type bisnisnya ada banyak sekali. Berikut ini adalah penjelasan beberapa type bisnis dalam internet marketing.

1. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan (Source of Income)

Ada banyak jenis program di internet yang bisa kita jalankan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Beberapa diantaranya adalah:

  • PPC (Pay Per Click): program yang satu ini adalah termasuk salah satu kategori bisnis online yang banyak diikuti oleh pemilik website/ blog di Indonesia. Para pemilik blog bisa mendapatkan penghasilan dari klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog/ website mereka. Contohnya adalah PPC Google Adsense.
  • PPS (Pay Per Sale) : Dari namanya saja kita mungkin bisa mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan sangat tergantung pada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut. Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya: Amazon.com, Clickbank.com, dan lain-lain.
  • PPL (Pay Per Leline Auction): kita bisa mendapatkan penghasilan dengan melelang barang sendiri atau barang orang lain di internet. Keuntungan bisa jauh lebih besar karena yang berhak membeli barang adalah penawar tertinggi. Contohnya adalah online auction di eBay.com atau Flippa.com
  • Menjual produk sendiri: Kalau kita punya produk yang ingin dijual, baik itu produk fisik atau produk digital maka kita bisa menjualnya secara online. Kita bisa membuat sebuah sales page atau toko online agar pengguna internet bisa membaca informasi tentang produk yang kita jual tersebut.

2. Internet Marketing Untuk Promosi Online (Traffic Generation)

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, promosi online adalah salah satu bentuk dari pemasaran online. Tidak perduli produk atau bisnis apa yang mau dipromosikan, internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.

  • SEO (Search Engine Optimization) : Strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda. Ini adalah teknik khusus untuk mempromosikan sebuah website.
  • Email marketing : Ini adalah cara promosi dengan mengirimkan pesan promosi ke email orang lain. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengirimkan email secara sembarangan karena bisa dianggap melakukan spam.
  • Search Engine Marketing (SEM) : merupakan cara melakukan pemasaran online atau internet marketing hingga kampanye di internet dengan mengoptimasi mesin pencari (search engine) terutama Google.
  • Mobile advertising : Adalah layanan pengiklanan melalui aplikasi mobile. Seperti kita ketahui, pengguna smartphone saat ini sudah sangat jamak, dan biasanya ponsel mereka dibawa kemanapun pergi. Inilah yang membuat mobile advertising sangat efektif untuk media promosi bisnis. Beberapa model mobile ads adalah melalui SMS, Banner Ads, Games, dan lain-lain.
  • Social Media Marketing: Ini adalah pemasaran bisnis dengan melalui situs media sosial, misalnya seperti Facebook, Twitter, YouTube, Google Plus, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Penggunaan internet sudah menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat modern, terutama bagi mereka yang sudah akrab dengan teknologi smartphone, tablet, komputer, dan laptop. Jika media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan baliho hanya mampu menarik konsumen lokal, sedangkan media internet mampu menarik konsumen global dari berbagai negara.

Media internet adalah media yang ampuh untuk menjaring konsumen secara lebih luas. Akan tetapi, yang namanya suatu metode pasti punya kelebihan yang bisa dibanggakan dan juga kekurangan yang harus disempurnakan. Berikut ini merupakan kelebihan dan juga kekurangan dari Internet Marketing.

Kelebihan Internet Marketing

Adapun kelebihan dari internet marketing adala sebagai berikut ini:

  • Kenyamanan

Salah satu keuntungan internet marketing tak lain adalah sisi kenyamanannya. Dengan memilih jenis pemasaran ini, pemilik bisnis bisa dengan mudah membuka bisnisnya selama 24 jam dalam sehari. Ini tentunya tak bisa dipisahkan dengan internet yang bisa diakses setiap saat sehingga anda tak perlu khawatir dengan batasan jam kerja atau upah lembur untuk karyawan yang bekerja.

  • Menghemat Biaya

Dengan bermodal alamat email, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

  • Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Ini khusus bagi pemilik barang, membuka toko online akan memakan biaya yang sangat kecil. Anda tinggal membuat website toko online dan siap untuk mempromosikan serta menjual barang anda. Modal yang kecil untuk membangun usaha internet marketing tentu saja sangat berbeda jauh dibandingkan dengan besarnya modal ketika membangun usaha real seperti sewa gedung, pegawai, perlengkapan, peralatan, penyusutan barang dan masih banyak yang lainya.

  • Melihat Hasil Secara Real-Time

Anda dapat memantau iklan Anda kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Anda dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet marketing Anda telah berhasil atau tidak.

  • Akses Yang Luas

Dengan internet marketing anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen dengan mudah, sehingga anda bisa memperluas usaha agar mendapat lebih banyak keuntungan dan yang lebih enaknya lagi, kita bisa melakukannya dengan biaya yang murah bahkan gratis. Misalnya apabila kita memiliki sebuah blog yang sudah memiliki pengunjung tetap, dan blog tersebut sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual maka kita dengan mudah mempromosikan produk kita dengan gratis di blog tersebut.

Kekurangan Internet Marketing

Setelah mengetahui kelebihan dari internet marketing, ada baiknya untuk mengetahui kekurangannya. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut ini:

  • Koneksi dan Jaringan Internet

Ini adalah faktor vital yang menunjang berjalanya bisnis lewat internet. Tanpa koneksi dan jaringan yang memadai maka anda akan kesulitan melakukan transaksi dalam pembelian. Selain itu Koneksi dan jaringan internet juga modal awal bagi para pengusaha internet marketing dalam mempromosikan barangnya tanpa itu maka bisnis ini akan pailid alias tidak berjalan.

  • Perlu waktu lama

Meski modal awal yang dibutuhkan itu kecil, waktu yang anda perlukan itu cukup lama. Banyak intermet marketer yang bisa menjual produknya hingga 2 bulan selepas melakukan promosi pertama kali. Salah satu penyebabnya, yakni target promosi kita yang salah. Baca tips agar usaha online ramai berikut untuk mempelajarinya.

  • Rawan penipuan

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali transaksi penipuan yang terjadi di duni internet / online, hal ini bisa membuat calon pelanggan menjadi enggan untuk melakukan transaksi jual beli tersebut.

  • Selera Konsumen

Setiap konsumen tentu memiliki selera belanja yang berbeda. Ada kalanya konsumen lebih senang berbelanja langsung di Mall di Pasar sembari kumpul dengan keluarga. Selain itu untuk meminimalisir bentuk penipuan banyak konsumen yang enggan berbelanja lewat internet.

  • Skemanya lebih rumit

Saat terjadi pembelian, maka langkah yang harus anda lakukan yakni mengirimkan dan memastikan barang sampai ke customer dengan tepat. Bandingkan dengan bisnis offline yang tidak perlu pengiriman barang, jauh lebih rumit bukan.

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa Internet Marketing merupakan salah satu sarana/cara untuk menjual maupun mempromosikan sesuatu dengan mudah. Dengan adanya Internet Marketing akan menghemat waktu dan juga menghemat biaya. Ini bisa dilakukan dimana saja selama Anda terhunung dengan internet, so anda tidak perlu untuk repot-repot. Semoga artikel di atas bisa jadi pencerah buat Anda ya. See you.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »