Mengenal Sistem Bisnis Waralaba dan Keuntungannya

  • 1 month ago

Siapa yang ingin menjadi kaya? Semua pasti akan langsung mengangkat tangannya, ketika ditanyai dengan pertanyaan tersebut. Untuk menjadi orang kaya, memang bukanlah hal yang mudah untuk diwujudkan, tapi juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Diperlukan keinginan dan usaha yang kuat, keberanian, tekad, dan tanggungjawab untuk bisa medapatkannya.

Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “Dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan”, maka begitu jugalah untuk bisa menjadi kaya. Jika ada kemauan, pasti sesuatu akan terasa lebih mudah untuk dilakukan. Yang setuju angkat tangan!

Beberapa orang mengatakan, cara yang paling mudah untuk menjadi kaya adalah melalui kegiatan bisnis. Pendapat tersebut tidak salah, apalagi mengingat bahwa banyak orang sukses dan kaya dari hasil bisnis yang dikerjakannya. Tapi yang mungkin membuat anda merasa ragu mungkin adalah mengenai bisnis apa yang kira-kira bisa mewujudkan hal tersebut. Bener nggak?

Kalau dilihat dari kebutuhan masyarakat saat ini, bisnis waralaba merupakan salah satu bisnis yang paling berpeluang dan menjanjikan. Lihat saja di sekitar anda, ada begitu banyak bisnis waralaba yang berhasil atau sukses dalam pelaksanaannya.

“Apa dan Bagaimana sih bisnis waralaba itu sebenarnya?”

Mungkin pertanyaan ini akan terlintas sejenak di dalam pikiran anda, yang masih merasa bingung dan belum tahu benar tentang bisnis waralaba tersebut. Tapi tenang saja, karena bagi anda yang merupakan seorang pemula yang ingin memulai bisnis waralaba, artikel ini akan memberikan informasi yang bisa menolong anda untuk mempelajari bisnis tersebut.

Bisnis Waralaba

Apakah anda pernah memperhatikan atau melihat restoran, cafe atau usaha-usaha makanan tertentu dengan nama yang sama di sekeliling anda? Gak usah jauh-jauh deh, coba lihat saja indomaret yang ada di sekitar tempat tiggal anda. Kira-kira ada berapa banyak indomaret yang berada di sana? Pasti anda akan menemukannya lebih dari satu. Nah, bisnis inilah yang dinamakan bisnis waralaba.

Gimana? Udah dapat konsep tentang bisnis waralabanya kan sekarang?

Ketika memutuskan untuk membuka sebuah bisnis, mungkin akan banyak orang yang awalnya akan meragukan kemampuan berbisnis mereka sendiri dan takut untuk memulai usaha yang baru. Akan tetapi, sistem waralaba dalam bisnis ini akan sangat membantu, meskipun anda hanya memiliki sedikit pengetahuan dan pengalaman. Jadi anda tidak perlu khawatir dan cemas lagi sekarang.

Kenapa bisa begitu, ya?

Jawabannya adalah karena bisnis waralaba ini termasuk bisnis yang mudah atau tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda tidak perlu capek-capek lagi untuk mempromosikan bisnis tersebut, karena masyarakat sudah mengetahui atau mengenalnya hanya dengan mendengar namanya saja.

Bisnis waralaba ini memang bisa mendatangkan keuntungan yang besar untuk anda. Akan tetapi, bisnis ini juga memerlukan biaya yang besar dalam pelaksanaannya, serta keuntungan yang didapat pun akan terpotong untuk si pemberi waralaba tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan harus mengerti dengan jelas apa dan bagaimana sistem bisnis waralaba tersebut sebenarnya.

Bisnis waralaba (franchise) ini merupakan sebuah bisnis, dimana franchisor (pemberi waralaba) yang bisa berupa badan usaha atau individu, memberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan nama atau mereknya kepada oranglain, jika orang tersebut bersedia untuk membayar.

Dengan kata lain, penerima waralaba (franchisee) mempunyai hak untuk mendirikan sebuah usaha, dengan menggunakan merek dagang (nama dagang) yang sama seperti franchisor. Apakah sudah lebih paham sekarang?

Bisnis waralaba ini tidak hanya memiliki keuntungan, tapi juga kekurangan. Berikut ini adalah contoh beberapa keuntungan dan kekurangannya tersebut.

Keuntungan Bisnis Waralaba:

  • Bisnis waralaba adalah sebuah bisnis yang sudah terbangun dan telah teruji, serta sudah terealisasi dengan baik, sehingga dapat membuat Anda terhindar dari kegagalan bisnis.
  • Bisnis tersebut sudah dikenal oleh masyarakat sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk melakukan pemasaran.
  • Manajemen finansial yang mudah karena franchisor telah menetapkan sistem-nya di awal kerja sama yang telah terbangun dan memudahkan franchisee untuk meneruskannya.
  • Mendapatkan dukungan yang sangat beragam dari franchisor. Dukungan tersebut bisa berupa pelatihan mengenai proses pemasaran, finansial dan tips dalam menjalankan usaha.

Kerugian Bisnis Waralaba:

  • Anda memiliki kendali minimal atas bisnis tersebut, karena sistem yang telah ditentukan sejak awal oleh si franchisor.
  • Ketergantungan pada supplier yang telah ditentukan franchisor, walaupun anda mendapatkan pemasok dengan harga yang lebih murah.
  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain. Jika salah satu waralaba melakukan kesalahan, maka bisa merusak reputasi merek dagang franchise anda tersebut. Hal ini akan berdampak bagi bisnis Anda karena nama dagang yang sama.
  • Biaya waralaba yang beragam, seperti biaya pembelian merk dagang di awal perjanjian, serta biaya lanjutan untuk dukungan dan pelatihan.

Contoh Bisnis Waralaba

Ada banyak contoh bisnis waralaba yang bisa anda temukan di sekeliling anda. Beberapa diantaranya saat ini bahkan sedang naik daun. Contoh bisnis waralaba tersebut antara lain seperti: Mc Donald’s, Starbucks Coffee, Indomaret, KFC, Pizza Hut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nama atau merek usaha tersebut termasuk bisnis waralaba, dan semuanya sukses meraih keuntungan yang besar di masyarakat. Keuntungan yang besar tersebut tentu saja di dapat atas dasar berbagai usaha yang dilakukan. Misalnya saja dengan memberikan sistem pelayanan yang sangat baik, atau menyajikan fasilitas wifi yang cepat, dan lain sebagainya, sehingga orang-orang akan berfikir 10 kali untuk beralih ke tempat lain. Jadi tak heran jika anda melihat para pemilik bisnis ini menjadi kaya.

Gimana guys? Tertarik untuk menjadi kaya? Jika iya, Bisnis Waralaba adalah salah satu alternatif yang bisa anda pilih. Selamat mencoba!

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Next »