November 8, 2017
  • Homepage
  • >
  • Blog
  • >
  • Memiliki Tanda-Tanda Dibawah Ini? Mungkin Anda Calon Pengusaha Yang Sukses

Memiliki Tanda-Tanda Dibawah Ini? Mungkin Anda Calon Pengusaha Yang Sukses

  • 1 month ago

Menjadi pengusaha ada impian banyak orang. Tak sedikit yang berusaha keras untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang profesional dan sukses. Namun, menjadi pengusaha bukan suatu hal yang mudah harus memiliki tekat yang tinggi dan tahan banting. Sama hal nya seperti pengusaha, menjadi karyawan/i mungkin adalah tujuan utama kita setelah mendapatkan bukti kelulusan baik dari SMA, Universitas atau dari Balai Pelatihan, karena kita berpikir bahwa dengan menjadi seorang karyawan maka kita bisa merubah perekonomian hidup kita. Mungkin saja ada yang berubah menjadi lebih baik, tetapi adapula yang tetap seperti semula.

Tetapi perasaan terkekang mulai timbul dipikiran kita karena waktu yang tidak fleksibel, ya kali perusahaan mbah kakung anda jadi semaunya masuk kerja, kemudian kreatifitas kita mulai menurun karena harus mengikuti aturan dan standar yang sudah ditentukan, emang boleh kita tambahin kreatifitas kita pada standar produk pabrik, bisa jadi besok anda udah di PHK, alamak. Hingga akhirnya kita sampai pada titik jenuh dengan keadaan tersebut, kita mulai berpikir sampai kapan seperti ini, “bisakah saya membuat usaha sendiri”, “apakah saya punya jiwa pengusaha”. Bimbangkan? Tetapi, anda jangan khawatir atau putus asa dulu, kerena menjadi seorang pengusaha harus memiliki beberapa aspek dari dalam diri nya yang memang telah ada tanpa harus di buat-buat. Berikut ini beberapa tanda-tanda yang harus ada dalam diri anda jika ingin menjadi seorang pengusaha.

Ciri-Ciri Seorang Pengusaha

1. Mudah bosan dengan rutinitas

Anda merasa kurang cocok menjalani rutinitas kantor dengan berbagai aturan yang mengikat? Mulai dari ketentuan jam masuk dan pulang kantor, waktu istirahat, hingga cara berpakaian. Jika ya, bukan berarti Anda malas bekerja. Hanya saja ini menunjukkan bahwa Anda memiliki salah satu karakter pengusaha, yakni kurang suka terikat dengan peraturan suatu organisasi.

2. Tidak tertutup

Sifat terbuka adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mengapa demikian? Karena sifat yang mau menerima saran dan kritik dari orang lain akan memberikan kemajuan diri untuk membangun usaha. Untuk itu, jangan pernah berfikir kritik dan saran orang lain tidak penting. Sebab, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan bisnis.

3. Selalu jadi pencetus ide dan pemberi solusi

Di setiap rapat Anda rajin mengajukan ide-ide brilian, misalnya seputar kegiatan promosi perusahaan, atau memberikan solusi atas berbagai persoalan. Seorang pengusaha harus kreatif, pintar memecahkan masalah, serta pandai membuat keputusan. Jika Anda memiliki karakter-karakter tersebut, kemungkinan besar Anda sudah siap alih profesi menjadi pengusaha.

4. Handal dalam menguangkan segala hal

Tanda-tanda lainnya yang menunjukkan anda lebih cocok menjadi pengusaha adalah keahlian anda dalam melihat peluang. Bahkan karena bakatmu ini, tak jarang teman-teman anda memanggil dengan sebutan “si otak bisnis”. Contohnya seperti di saat remaja SMA lainnya masih hobi minta uang saku ke orangtuanya, anda sudah melakoni bisnis aksesoris gadget yang sedang hits di kalangan anak muda. Kemampuanmu mempengaruhi orang-orang di sekitar, menjadi pertanda kuat bahwa anda siap menjadi seorang pengusaha.

5. Tidak pernah takut mengambil risiko

Anda orang yang tidak suka berada di zona nyaman? Berani mencoba hal baru tanpa takut gagal? Ini salah satu tanda kalau Anda punya jiwa bisnis. Menjalankan bisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mengalami kerugian, ditipu, bahkan sampai bangkrut, itu semua risiko-risiko yang lumrah dialami seorang pengusaha. Tapi, calon pengusaha sukses tidak akan mundur hanya karena kemungkinan-kemungkinan buruk tersebut. Dia akan terus berjuang walau jalannya tidak selalu mulus.

6. Senang menjadi pemimpin tim

Di kantor Anda sangat bisa diandalkan untuk menjadi penanggung jawab atau pemimpin tim dalam berbagai proyek. Karakter memimpin ini pun kerap membuat Anda kurang nyaman dengan peran Anda sebagai bawahan yang banyak ‘diatur’. Kalau itu persoalannya, nampaknya Anda memang lebih cocok bekerja untuk diri sendiri dengan cara membuka usaha, daripada bekerja untuk orang lain.

7. Tidak takut gagal

Tidak pernah ada seorang pengusaha sukses di dunia ini yang langsung menuai kesuksesan pada langkah pertama. Semuanya pasti pernah mengalami kegagalan terlebih dahulu bahkan kerugian berkali lipat sekalipun. Akan tetapi, semua kegagalan tersebut tidak dilihat sebagai hambatan yang menghentikan mereka untuk meraih tujuan. Justru kegagalan tersebut menjadi pemicu untuk lebih bekerja keras dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.

8. Aktif memperluas koneksi

Salah satu rahasia utama menjadi pengusaha sukses adalah berjejaring. Jejaring yang luas bisa jadi langkah awal yang baik sebelum Anda menekuni dunia bisnis. Karena dari situlah Anda bisa mendapat calon supplier, distributor, bahan konsumen pertama dari usaha Anda nantinya. Mungkin sekarang Anda menjadi semakin yakin untuk banting setir dari karyawan kantoran menjadi pengusaha. Tapi, memulai bisnis sendiri tentunya butuh modal. Pertanyaannya, apakah tabungan atau pendapatan Anda sudah mencukupi?

Dengan melakukan riset di Jobplanet, Anda dapat menemukan perusahaan mana yang memberi gaji dan bonus tinggi agar nantinya Anda tidak perlu menunggu lama hingga modal usaha Anda cukup untuk memulai usaha. Jika Anda beruntung bisa bekerja di perusahaan-perusahaan di atas, tentunya Anda bisa menabung untuk mengumpulkan modal usaha lebih cepat. Bagaimana? Anda siap menjadi pengusaha?

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »