Mana yang Lebih Menguntungkan, Bisnis Offline atau Online?

  • 5 Months ago

Memang, kini banyak orang telah memulai bisnis online, tak peduli siapa dan bagaimana latar belakang Anda, bisnis online dengan mudah bisa dilakukan di mana saja. Bukan hanya menawarkan kemudahan-kemudahan yang tidak dimiliki ketika Anda menjalankan bisnis offline, namun dengan bisnis online Anda mendapatkan lebih banyak peluang besar.

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis offline dan benar-benar ingin mengembangkan bisnis Anda ke online, maka wajib bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara toko offline dan online. Hal ini untuk memudahkan Anda mengenali dan menangkap peluang untuk kesuksesan bisnis online Anda.

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Offline

Selanjutnya apa keuntungan dari bisnis offline. Karena pada dasrnya bsinis offline adalah bisnis dalam wujud yang nyata, maka konsumen akan lebih percaya dengan produk yang ditawarkan karena bisa melihat langsung apa yang ia beli. Metode bisnis offline baiasayanya lebih dipilih oleh orang yang tidak ingin membeli ‘kucing dalam karung’. Selain itu, kita bisa secara langsung membujuk konsumen untuk membeli karena kita dapat bertatap langsung dengan konsumen. Tidak hanya itu, proses jual-belinya pun cenderung lebih cepat.

Karena butuh tempat untuk usaha, bisnis ini memerlukan biaya yang lebih besar ketimbang online. Anda harus menyisihkan keuntungan untuk membayar sewa tempat dan tagihan lainnya. Selanjutnya, usaha ini membutuhkan SDM demi kelancaran usaha. Dengan begitu Anda harus memotong lagi keuntungan untuk membayar pekerja. Selain itu, jangkauan pasarnya juga terbilang sempit hanya di lokasi Anda berjualan saja.

Kurang lebih itulah kelebihan dan kekurangan kedua model usaha tersebut. jika ditanya mana yang lebih baik usaha online atau offline, kami menjawan sebenarnya ini tergantung karakter dan kemampuan Anda sendiri. Lebih bagus lagi bila Anda memadukan kedua sistem bisnis tersebut, online dan offline. Bisnis offline bertujuan untuk bentuk fisik usaha Anda, dan online sebagai pendukungnya. Untuk Online Anda bisa membuat website, media sosial atau memanfaatkan marketplace dan forum komunitas.

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Online

Jika dilihat dari potensi pasar memang bisnis online lebih luas ketimbang offline. Hal ini karena pengguna internet yang kian berkembang jadi untuk mendapatkan konsumen jauh lebih mudah, selain itu promosinya juga lebih mudah dilakukan dan langsung ke target konsumen.

Dari sisi sistem juga lebih menguntungkan, sebab bisnis online menggunakan media atau platform sebagai wadah untuk berjualan jadi tidak memerlukan SOP yang ketat. Biaya yang dibutuhkan juga terbilang lebih kecil dibandingkan usaha offline. Kalau bisnis offline mengharuskan tempat untuk usaha, bisnis online bisa dijalani di manapun Anda berada.

Meskipun keuntungan dengan berbisnis online cukup menggiurkan, tapi bisnis ini juga ada kekurangannya. Pertama adalah yang bisa menjalani bisnis model ini hanya terbatas, artinya hanya yang mengerti tentang dunia internet saja, sedangkan untuk orang yang gaptek (gagap teknologi) mungkin akan sedikit bermasalah. Nah, untuk itu bagi pengusaha yang gaptek perlu bimbingan baik melalui kurus atau pelatihan sehingga membutuhkan biaya lagi. Kemudian, resikonya lebih besar ketimbang offline.

Resiko yang seperti apa? Kami sering mendengar keluhan pengusaha online yang sering mengalami pemesan bekedok penipuan. Jadi saat sudah deal dan penjual sudah mengirim barang, ternyata bukti transfer yang diberikan palsu. Dan bisnis online shop bukan termasuk usaha yang dapat diandalkan untuk investasi jangka panjang karena hasilnya kadang tidak menentu.

Langkah yang harus di Lakukan untuk Mengembangkan Bisnis Offline ke Online

Ketika Anda terjun di dunia bisnis (wirausaha), tentunya Anda sudah bersiap akan mengalami untung atau rugi. Proyeksi kedua hal tersebut bisa dilihat dari kerja keras Anda. Bagi Anda yang ingin menambah jangkauan pasar yang lebih luas untuk bisnis offline Anda, maka dengan mengembangkan ke ranah online adalah solusinya.

  • Pahami Teknologi

Memahami tentang cara menggunakan komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis online. Jangan berkecil hati jika Anda merasa kurang memahami teknologi, di luaran sana banyak sekali informasi maupun kursus yang bisa kita dapatkan untuk mendukung kita supaya lebih memahami tentang hal seperti ini. Yang penting tetap belajar dan tetap berusaha.

  • Buat Website

Salah satu benefit menjalankan bisnis lewat internet, kita tidak harus menggunakan tempat secara fisik, seperti bangunan toko, bangunan ruko, atau gedung yang besar. “Tempat” dalam hal ini bisa kita alihkan ke suatu bentuk “tempat digital” yang bisa diakses secara online melalui internet. Tempat itu bisa berbentuk website, toko online, media sosial, maupun situs marketplace.

Karena kita hendak memanfaatkan media internet atau berjualan via online, maka secara teknis langkah-langkah cara jualan online-nya adalah:

  1. Pada saat tahap awal, cobalah berjualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.
  2. Ketika Anda sudah ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website sendiri.
  • Siap untuk Beroperasi 24 Jam

Beberapa di antara toko offline hanya sedikit yang beroperasi selama 24 jam penuh. Berbeda halnya ketika Anda menjalankan bisnis online. Bisnis ini lebih bersifat fleksibel. Artinya, kapan pun ada order dari customer, maka Anda harus siap untuk melakukan get respons. Ini berarti, Anda harus siap kapan pun untuk berinteraksi dengan para customer online Anda. Meskipun bisnis offline dan online mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun alangkah baiknya jika Anda mengombinasikan teknik pemasaran keduanya. Hal ini demi memuluskan langkah Anda untuk memulai bisnis online.

Cara Mengintegrasikan Kegiatan Offline dan Online

  • Mempromosikan acara offline (penawaran diskon, dll) melalui promosi online. Ini merupakan langkah yang jitu untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang.
  • Tambahkan fitur live chat pada website. Hal itu akan lebih efektif untuk digunakan dibandingkan dengan email. Hal ini agar customer Anda mendapatkan tanggapan secepat mungkin.
  • Pastikan Anda menanggapi semua pertanyaan customer, baik itu panggilan telepon, email, atau pertanyaan melalui media sosial. Hal ini tentunya akan mendorong loyalitas customer Anda ke tingkat yang baru.
  • Siapkan konten video untuk website atau blog. Konten video bisa bersifat video edukatif ataupun kelebihan dari produk yang Anda jual. Lalu, hubungkan dengan banyak media sosial agar mendapatkan respons untuk menambah traffic website.
  • Berusahalah untuk memberikan sentuhan pribadi untuk berkomunikasi dengan customer. Untuk itu, usahakan agar konten atau responder Anda tidak terkesan seperti digerakkan oleh mesin otomatis.

Berikut ini adalah alasan mengapa bisnis offline lebih sukses dengan bantuan online:

  1. Kegiatan offline akan lebih sukses jika ditunjang dengan dengan aktivitas online. Hal itu bisa saja melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, yang dapat menarik perhatian banyak pengguna media sosial. Dan semuanya, adalah customer potensial untuk bisnis Anda.
  2. Bisnis offline didukung oleh pemasaran online. Ini akan membuat jangkauan pasar Anda semakin luas. Iklan online, promosi, dan berbagai media sosial serta posting-an blog yang diperuntukkan bagi banyak orang akan menarik customer potensial Anda.
  3. Melalui acara offline, akan memberikan konten yang berkualitas untuk diskusi online. Kumpulkan ide-ide atau gambar-gambar dari kegiatan offline Anda, dan Anda dapat membuat setiap artikel yang berkualitas untuk target audiens dan menarik customer lebih banyak untuk bisnis Anda. Semakin banyak komentar, maka hal tersebut akan membuat banyak traffic bagi website.

Nah, kurang lebih itu gambaran singkat tentang bisnis Online dan Offline. Jika Anda berbisnis lewat jalan Offline alangkah lebih baiknya jika anda juga membuka bisnis online. Dan jika anda yang berbisnis Online juga harus paham tahap-tahap berbisnis online dengan baik, agar usaha anda tidak rugi dan anda tidak kecewa.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «