November 2, 2017
  • Homepage
  • >
  • Blog
  • >
  • Ingin Menjadi Selebgram Dan Menghasilkan Uang? Yuk, Intip Tips Dibawah Ini

Ingin Menjadi Selebgram Dan Menghasilkan Uang? Yuk, Intip Tips Dibawah Ini

  • 1 month ago

Saat ini media sosial memang bukan hanya sebuah media yang digunakan untuk ajang ekspresi diri saja. Sebab dengan beragam keuntungan yang ada, seperti mendapatkan penghasilan dengan jalan monetisasi maka hal ini akan membuat seseorang jadi jutawan bahkan miliarder. Dan salah satu jejaring sosial yang bisa kita maksimalkan untuk kegiatan monetisasi ini adalah Instagram. Ya, media sosial karya Kevin Systrom dan Mike Krieger ini memang sudah sangat populer. Maka dari itu bagi Anda yang ingin memanfaatkan Instagram sebagai media penghasil uang maka Anda bisa melakukannya dari sekarang. Salah satu teknik monetisasi media sosial Instagram yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi Selebgram. Lalu, apasih selebgram itu? Memang berapa jumlah penghasilan yang bisa diperoleh seorang Selebgram? Berikut pengertian tentang selebgram dan keuntungan menjadi selebgram

Apa itu Selebgram?

Selebgram adalah sebutan yang diberikan kepadas seorang pengguna media sosial Instagram yang memiliki fans atau pengagum cukup banyak. Tidak berbeda dengan para artis yang banyak kita kenal di televisi dalam dunia nyata. Tidak ada penanda khusus yang menerangkan bahwa seseorang dapat dikatogerikan sebagai selebgram. hanya kita bisa memperhatikan, biasanya mereka memiliki banyak followers bahkan hingga berpuluh-puluh ribu dan seringkali mempromosikan sebagai produk dari beragam brand serta para pelaku usaha online. Aktifitas ini yang sering disebut Endorsment, sebuah upaya promosi yang dilakukan para pebisnis online untuk mengenalkan produknya kepada konsumen di dunia maya.

Keuntungan menjadi Selebgram

Jejaring sosial khusus foto dan video ini tak hanya jadi wadah ekspresi diri dalam bentuk gambar atau video, lantunan kata, juga hashtag atau tanda pagar (tagar). Banyak orang mulai memanfaatkan media ini untuk menjadi “selebgram” atau selebriti yang terkenal melalui Instagram. Seseorang yang terbilang sukses menjadi selebgram yakni bila akun Instagram miliknya diikuti jutaan followers dan bisa menarik banyak respons, baik berupa likes ataupun komentar. Jika sudah memiliki banyak penggemar seperti ini, biasanya ada saja brand yang ingin menggunakan “ketenaran” selebgram tersebut untuk memasarkan produk.

Keuntungan yang diraup para selebgram dari bisnis tersebut cukup menjanjikan. Sebagai contoh, seorang selebgram disebut memasang tarif Rp 500.000 sampai Rp 1 juta untuk satu kali endorse atau promosi produk lewat akun Instagram-nya. Kalau ada satu produk saja dikenalkan dalam sehari, si punya akun bisa meraup untung minimal Rp 15 juta dalam satu bulan. Ditambah lagi jika seorang selebgram ini juga merupakan selebriti di dunia hiburan, bisa sampai Rp. 5.000.000 dengan sekali endorse. Itu baru satu produk saja, lalu bagaimana jika Selebgram bisa mendapatkan endorse 1 produk setiap harinya? Pasti memiliki penghasilan yang banyak bukan? Berikut cara buat anda yang ingin menjadi selebgram dan memiliki pundi-pundi rupiah.

Cara menjadi Selebgram

1. Memiliki Akun Medsos Selain IG

Tips dan trik pertama cara jadi selebgram adalah Anda harus memiliki akun media sosial lainnya selain Instagram. Lebih baik jika Anda memiliki banyak aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Path dan media sosial lainnya. Atau bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi Live Broadcast selain Instagram. Lebih baik lagi jika Anda memiliki akun Youtube. Mengapa? Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang mudah terhubung dengan media sosial lainnya, seperti FB, Path, LinkedIn dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki semua itu, otomatis semua teman-teman Anda yang ada di media sosial lain juga akan mengetahui akun Instagram Anda juga. Hal ini juga akan menguntungkan Anda untuk menambah likers dan juga followers akun Instagram Anda. Selain itu, mungkin ada teman Anda yang membagikan hasil upload-an Anda ke media sosial lainnya. Hal ini juga akan menguntungkan Anda agar bisa semakin dan lebih terkenal lagi.

2. Deskripsikan Foto Semenarik Mungkin

Selain foto yang Anda upload itu berkualitas dan menarik, Anda juga harus menuliskan deskripsi atau caption dalam foto tersebut dengan kata-kata yang menarik. Tulislah caption atau deskripsi yang menggambarkan diri Anda dan juga maksud dari foto tersebut. Buatlah deskripsi yang singkat, jelas, padat, dan juga menarik. Tidak jarang para followers akan melihat dan tertarik karena deskripsi atau caption yang Anda buat. Dan juga Anda dapat mencantumkan kontak Anda untuk kepentingan endorsement.

3. Pilih Hashtag Yang Sesuai dan Tepat

Cara jadi selebgram lainnya yaitu anda harus memperhatikan hashtag atau tagar (tanda pagar) yang akan Anda gunakan. Pastikan hashtag yang Anda cantumkan adalah hashtag yang tepat dan sesuai dengan diri Anda juga foto yang Anda upload. Hashtag yang Anda gunakan akan berpengaruh dalam pencarian di Instagram. Jika hashtag yang anda cantumkan itu tepat dan sesuai, otomatis foto yang Anda posting / upload akan mudah terdeteksi oleh orang lain. Jika orang-orang menyukainya, kemungkinan besar orang tersebut bisa menjadi followers dan juga likers sejati Anda.

4. Perbanyak Followers

Semakin banyak jumlah followers yang Anda miliki maka semakin besar peluang Anda menjadi Selebgram. Jumlah Followers memang menjadi inti dari strategi menjadi Selebgram ini. Tapi pastikan bahwa Anda memiliki followers dengan akun asli dari pengguna aktif bukan akun robot atau akun jadi-jadian alias palsu. Salah satu cara yang terbukti efektif untuk mendapatkan followers organik, ialah dengan menggunakan software aplikasi Celebgramme.com. Aplikasi yang telah memenangkan penghargaan UMKM ini, sangat mudah digunakan dan semuanya serba otomatis. Buat yang penasaran, silahkan cek sendiri ke websitenya untuk mempelajari fitur-fitur terbarunya.

  • Lakukan Trik Memoles Akun Instagram dengan Baik

Namun untuk menjai Selebgram yang sukses, Anda tidak bisa hanya mengandalkan jumlah followers saja sebab Anda juga harus melakukan beberapa trik memoles akun Instagram agar semakin banyak orang dan pengiklan yang tertarik dengan Instagram Anda. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tekniknya.

Posting Konten yang Sesuai dengan Karakter dan Passion Anda
Dalam mengunggah gambar di akun Instagram ini, Anda perlu memuat konten yang sesuai dengan karakter dan passion dan kesukaan Anda. Jangan lupa juga untuk juga menyesuaikan dengan apa yang sedang disukai dan diminati orang lain. Pertama Anda bisa mengawalinya dari konsep, misalnya Anda suka dengan produk kecantikan maka buatlah tips perawatan muka. Sajikan tips yang mudah, menarik, inspiratif dan up to date (terbaru).

Jangan lupakan juga pada keterangan foto tambahkan tagar yang populer dan berkaitan dengan konsep Anda. Dari sini pengunjung atau followers Anda akan selalu suka (memberi tanda hati) dan menunggu postingan yang akan Anda upload. Untuk menarik brand ambassador memakai jasa Anda, maka Anda bisa mengaitkan unggahan itu dengan nama produk brand ambassador yang kira-kira membutuhkan jasa endorse Anda.

  • Perhatikan Estetika atau Keindahan Gambar

Karena Instagram adalah media sosial berbasis gambar maka Anda tidak boleh main-main dengan kualitas gambar. Pastikan konten gambar yang akan Anda upload atau unggah adalah gambar yang baik kualitasnya, tidak buram dan juga menarik. Untuk mendapatkan gambar yang berkualitas ini Anda perlu mengambil gambar dengan perangkat kamera yang memiliki resolusi dan spesifikasi yang baik. Selain itu jangan lupakan juga pencahayaan.

Ya, Anda memang perlu mendapatkan cahaya yang cukup guna menjadikan gambar tidak buram dan jelas. Hal lain yang juga akan menentukan kualitas gambar adalah posisi pengambilan gambar serta background atau latar belakang dari objek. Jika memang diperlukan beberapa perlengkapan pendukung seperti tripod atau tongsis maka Anda juga perlu menyediakannya agar gambar yang dihasilkan semakin ciamik.

  • Perhatikan Waktu dan Momentum Pengunggahan

Ya, memang waktu memang akan buntuk menggunggah gambar guna menarik netizen atau followers mengklik tombol suka maka semakin suksesisa juga membuat sukses tidaknya Anda sebagai Selebram. Mengapa demikian? Sebab semakin tepat waktu yang Anda pakai Anda sebagai selebgram. Maka dari itu pastikan momentum waktu ini juga menjadi perhatian Anda.

Gunakan waktu-waktu dimana netizen bergumul dengan akun Instagram-nya seperti pada pagi hari, sore atau malam hari. Dengan hal ini maka akan semakin banyak orang yang datang ke akun Instagram Anda dan itu bisa jadi seorang brand ambassador.

Menjalankan suatu perkerjaan tidak lah mudah. Menjadi seorang publik figur pun memiliki resiko yang cukup rumit, yakni nama baik yang sudah dibangaun akan tercemar dengan mudah nya karena hanya sebuah gosip. Tak jauh berbeda dengan selebritis, menjadi selebgram pun juga memiliki banyak resiko. Tak hanya keuntungan nya saja, berikut ini adalah resiko yang akan anda terima jika menjadi seorang selebgram

Namun, tak harus menjadi selebgram saja jika anda ingin memiliki penghasilan dari Instagram anda juga bisa dengan cara lain, jika anda berminat yuk ikuti beberapa tips/cara menghasilkan uang dari Instagram tanpa harus menjadi selebgram.

Tips Menghasilkan Uang Dari Instagram

  • Berjualan

Menggunakan instagram untuk media tempat berjualan merupakan cara yang paling umum digunakan untuk menghasilkan uang dari media sosial instagram. Apalagi jika produk yang dijual masih berhubungan dengan instagram. Misal anda sering membuat tutorial cara memakai hijab dan makeup, maka jenis produk paling cocok yang anda tawarkan adalah produk kecantikan dan juga yang berhubungan dengan hijab dan kecantikan.
Berikut ini beberapa produk yang sering di jual di media sosial instagram :

  1. Produk kecantikan
  2. Pakaian
  3. Aksesoris
  4. Hobby dan Mainan
  5. Perabotan rumah tangga dan furnitur
  6. Benda benda unik
  7. Serta masih banyak lagi
  • Memasarkan produk orang lain (iklan)

Cara ini juga merupakan cara umum yang juga banyak digunakan untuk mendapatkan uang dari instagram.
Bagaimana caranya? Biasanya nanti si pemilik akun instagram akan membuat video yang mempromosikan produk tertentu, dan mencantumkan link alamat tempat penjual aslinya di bagian caption (deskrisi). Cara ini termasuk efektif untuk mempromosikan produk tertentu, apalagi untuk beberapa selepgram yang sudah memiliki folower sampai ribuan atau jutaan.

Untuk asal iklan biasanya ada dua sumber, yaitu di berikan video jadi oleh pengiklan jadi pemilik akun tinggal mmpublikasikan iklan tersebut atau si pemilik akun harus membuat sendiri video iklannya. Jika memilih menggunakan cara kedua biasanya biasa atau bayarannya akan jauh lebih besar.

Beberapa bayaran yang di dapatkan? Sangat bervariasi tergantung kesepakatan yang dilakukan antara pemilik akun dan pemilik produk tadi. Biasanya semakin banyak jumlah follower seseorang pengiklan harus membayar lebih mahal untuk mengiklankan produk atau jasa mereka.

  • Membuka Jasa Desain Konten Instagram

Khusus untuk anda yang memiliki keahilan desain, anda bisa menawarkan jasa pembuatan desain konten Instagram kepada akun-akun yang masih jarang memiliki konten original. Harus saya akui, salah satu masalah terbesar bagi para admin dalam mengelola akun adalah menemukan konten yang khas dan unik dan akan menjadi identitas akun tersebut.

Anda bisa menghubungi akun-akun tersebut dan menawarkan jasa pembuatan konten. Harga yang diajukan bisa bervariatif tergantung portfolio dan keahlian anda. Biasanya harga berkisar antara 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per desainnya, bisa lebih tergantung tingkat kesulitan.

  • Menulis Buku atau Naskah Buku

Hobi menulis ? Mungkin jalur ini paling cocok untuk anda. Silakan tulis naskah buku yang memang siap terbit lalu tawarkan kepada akun-akun Instagram yang relevan. Misalkan, anda adalah seorang tenaga medis. Tulislah buku-buku tentang kesehatan dan tawarkan untuk diterbitkan memakan nama akun Instagram bertema kesehatan yang memang sudah memiliki follower besar.

Biasanya, akun-akun dengan followers di atas 100k sudah banyak ditawari untuk menjadi penulis oleh para penerbit. Akun-akun dengan jumlah followers besar pun bisa dengan mudah menembus Gramedia atau toko buku lainnya karena dianggap populer sehingga memperbesar peluang sebuah buku untuk menjadi Best Seller !

Bila memang sudah deal, tentukan pula dengan jelas berapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Jangan hanya ikhlas saja asalkan buku terbit. Penulis adalah pekerjaan mulia yang berhak dihargai hasil keringatnya. Misalkan, sepakati bahwa naskah dibeli dengan sistem putus dengan harga sekian juta. Atau penulis naskah juga berhak mendapatkan royalty sekian persen dari penjualan. Win-win solution bukan ?

  • Endors

Endor sedikit berbeda berbeda dengan iklan produk. Dimana letak perbedaannya? Endors biasanya banyak dikhususkan untuk seseorang yang sudh sangat terkenal/artis yang memiliki banyak fans yang sering menirukan style atau gaya arti idolanya. Endors biasanya kita tidak perlu memprodosikan produk secara langsung secara lisan atau tulisan, tapi metode promosinya adalah dengan menggunakan produk tersebut pada beberapa kesempatan misal pada sebuah video atau pada sebuah foto.

Contohnya anda melihat video, di video itu anda lihat pemeran nya sering menggunakan baju dengan merek tertentu, nah biasanya baju tersebut adalah barang endorsan. Artis yang menggunakan barang endors tersebut akan di bawar oleh pemilik produk.

Tips

  1. Sebagai selebgram saat melakukan kerja sama dengan pihak lain baik berupa menampilkan iklan atau apapun usahakan untuk meminta pembayaran diawal, karena beberapa pengalaman ada teman yang di tipu oleh pengiklan dengan cara iklan yang di minta sudah di terbitkan beberapa saat tapi pengiklan tidak kunjung membayarkan uang jasa pemasangan iklan.
  2. Sebaiknya menampilkan iklan yang netral jangan sampai anda menampilkan yang Melanggar atau benda benda kurang lazim, karena jika terjadi apa apa takutnya anda sebagai pengiklan juga akan terkena imbasnya apalagi jika sampai si korban mengira mendapatkan informasi dari instagram anda. Nah, ini nih yang paling harus anda patuhi jika ingin menjadi selebgram ataupun ingin sukses membuka usaha di Instagram, penasaran? Inilah syarat menghasilkan uang dari Instagram

Syarat Menjadi Selebgram dan Menghasilkan Uang Dari Instagram

Jangan terlalu terbuai dengan pembukaan dari saya yang sepertinya indah menghanyutkan. Untuk mendapatkan uang dari Instagram tidaklah mudah. Ada syarat-syarat dan kondisi yang harus anda penuhi. Mau tidak mau, tenaga, pikiran, ataupun uang anda bisa saja terkuras dalam proses yang akan dilalui nanti.

1. Kerja keras

Jangan pernah berpikir mereka yang menghasilkan uang dari Instagram melalui proses yang mudah dan menyenangkan. Tak sedikit dari mereka yang harus begadang dan berpikir keras untuk mengelola akun sebaik mungkin. Siapkan tenaga dan waktu anda, terlebih di saat akun masih dengan jumlah followers yang relatif sedikit.

2. Kreatif

Instagram merupakan media sosial berbasis visual dimana penggunanya berharap untuk menemukan hal-hal yang bisa memanjakan mata di sana. Anda juga harus kreatif untuk menemukan cara bagaimana agar akun anda tetap eksis dan disukai oleh para followers.

3. Perangkat yang memadai

Instagram merupakan media sosial yang lebih wah dibandingkan dengan media sosial lainnya. Untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus, setidaknya dibutuhkan Smartphone dengan resolusi kamera yang baik. Menurut saya, 8 MP sudah cukup. Usahakan juga memiliki Ram 2GB agar tidak membuat Smartphone lemot. Tidak mahal kok, HP dengan kisaran 1,5juta juga sudah banyak yang memadai. Pastikan juga anda memiliki kuota internet yang lebih dari biasanya karena Instagram sangatlah menyedot penggunaan paket internet. Sepele memang kesannya. Tapi bagi saya, hal-hal seperti ini penting untuk memudahkan kita dalam proses.

4. Kemampuan Mengoptimasi Instagram

Segala sesuatu ada ilmunya, termasuk dalam hal ini. Jangan mengira hanya posting sana-sini, anda akan mendapat transferan bertubi-tubi. Ada banyak hal yang harus anda pelajari diantaranya cara menambah follower Instagram, cara memanajemen konten, cara memilih produk yang akan dijual, hingga bagaimana cara menyajikan konten yang menarik dan disukai. Anda bisa mengobrak-abrik blog saya untuk melengkapi dalam memahami artikel ini atau bisa juga mencari referensi lain di Google.

5. Berani

Ini hal utama yang harus anda tanamkan dalam diri bila ingin mendapatkan uang dari Instagram. Keberanian anda dalam memulai jualan, keberanian untuk unjuk gigi dengan keahlian yang dimiliki, serta keberanian untuk bertanya kian kemari menjadi pondasi perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Lupakan dulu gengsi dan harga diri yang anda miliki. Kelak, ia akan kembali dengan nilai yang lebih tinggi saat anda menjadi seseorang yang jauh lebih baik dari hari ini.

Menghasilkan uang dari Instagram boleh dibilang gampang-gampang sulit. Meskipun hanya kelihatan seperti bermain, ada ketekunan dan kegigihan yang harus dibayar. Silakan praktikkan cara-cara di atas sesuai dengan keahlian dan kondisi anda. Coba satu cara dulu, bila sudah berhasil baru beralih ke cara lain. Jangan menjadi kutu loncat yang sibuk mencoba berbagai cara sehingga membuang waktu secara percuma. Fokus itu penting. Terimakasih telah membaca artikel ini.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «
Next »