November 24, 2017
  • Homepage
  • >
  • Blog
  • >
  • Bisnis Bangkrut? Ini Langkah Jitu Bangkit Dari Kebangkrutan

Bisnis Bangkrut? Ini Langkah Jitu Bangkit Dari Kebangkrutan

  • 19 Days ago

Kebangkrutan dalam berbisnis sudah biasa terjadi. Jangankan usaha kecil, perusahaan besar skala internasional saja bisa bangkrut. Hal itu merupakan konsekwensi dari apa yang telah kita putuskan. Berani terjun dalam dunia bisnis, berarti siap dengan dua resiko kemungkinan. Sukses atau gagal. Untung atau rugi. Menjadi kaya raya atau jatuh miskin.

Jadi, saat ketika bisnis yang Anda bangun dengan susah payah mulai dari 0 tiba-tiba bangkrut, itu merupakan bagian dari resiko. Untuk beberapa saat, silahkan menangis sepuasnya. Luapkan segala sesak di dada. Muntahkan segala kekecewaan, kemarahan, kekesalan, ketidakpuasan yang terpendam. Itu manusiawi. Selagi tidak merugikan dan membahayakan orang lain maupun diri sendiri, lakukan saja. Setidaknya, dengan cara itu Anda kecapekan, lalu tertidur pulas.

Pada dasarnya tidak ada seorangpun yang menginginkan usaha yang mereka rintis mengalami kegagalan atau bahkan kebangkrutan. Setiap orang yang memiliki sebuah usaha pastinya menginginkan yang terbaik untuk usaha mereka. Para pengusaha pastinya ingin agar usahanya menguntungkan, sukses dna dapat berjalan dengan lancar. Hanya saja tidak sedikit usaha yang telah dirintis pada akhirnya tetap mengalami kegagalan. Baik karena faktor dari dalam usaha itu sendiri atau pengaruh dari beberapa faktor luar. Tentunya jika anda adalah salah satu pengusaha yang mengalami hal yang sama, menutup dan berhenti dari usaha anda secara mendadak akan meninggalkan banyak hutang bukan?

Masalahnya, sampai kapan akan seperti itu? Perlu waktu berapa lama sampai kita bisa menerima kenyataan pahit bahwa bisnis kita telah bangkrut, hancur berkeping-keping? 1, 2, 3 hari? Seminggu, 2 minggu? Sebulan, 2 bulan? Dan semakin lama kita tenggelam dalam penyesalan, semakin dalam kita akan terpuruk. Hal terbaik yang harus kita lakukan adalah segera bangkit, bangkit dan bangkit! Lebih cepat, lebih baik! Nah, untuk membantu Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda cepat bangkit dari kebangkrutan berbisnis, ini tipsnya

Tips Agar Bangkit Dari Kebangkrutan

Dalam proses mengembalikan diri anda pada jalur kesuksesan tentu anda beberapa langkah yang anda harus terapkan untuk mempermudah jalan anda menjuju kesuksesan tersebut. Bagi anda yang tengah mengalami kebangkrutan namun masih bingung langkah apa saja yang bisa anda lakukan membangkitkan kembali usaha dan kesuksesan anda,kali ini kami akan membagikan beberapa tips menarik yang sangat bermanfaat bagi anda. Simak tips nya berikut ini.

  • Move On

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang cepat beranjak dari kegagalan dan segera mencoba memperbaiki semuanya, dan kemudian memulai kembali usahanya dari awal. Hal pertama yang harus dilakukan setelah mengetahui Usaha Anda bangkrut adalah Memotivasi Diri Anda Sendiri.

Tidak hanya sekali atau dua kali saja, seorang pengusaha bisa saja gagal hingga puluhan atau bahkan ratusan kali sebelum akhirnya berhasil di dalam usaha yang dijalankannya. Lalu, apakah anda siap berkali-kali untuk move on dari kegagalan yang mungkin akan Anda alami nanti?

  • Berfikiran Positif

Tata ulang kembali pola fikir anda. Jika anda ingin menjadi salah satu pengusaha sukses maka anda harus tetap move on dan berfikiran positif. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, namun seseorang yang berfikiran negatif akan selalu memberikan dampak atau aura yang tidak baik dan perlahan akan mempengaruhi dan menghambat kesuksesan mereka. Jadi berfikiran positif sangatlah dianjurkan walaupun usaha anda telah mengalami kebangkrutan. Ingat bahwa tidak ada yang bertahan dengan keadaan yang sama. Segala sesuatunya pasti akan mengalami perubahan dan pembaharuan. Setidaknya dengan berfikiran positif kamu dapat memotivasi diri sendiri untuk tetap bangkit dan kembali berusaha.

  • Pelajari Kegagalan

Pasti ada satu atau bahkan lebih hal yang membuat usaha anda mengalami kebangkrutan. Misalnya pengelolaan keuangan yang kurang baik, pemasaran yang tidak efektif atau manajemen karyawan yang salah. Selalu ada penyebab terhadap terjadinya sebuah masalah, termasuk kebangkrutan yang anda alami. teliti dan cemati terlebih dahulu penyebab tersebut dan kemudian pelajarilah. Anda dituntut untuk mengetahui apa penyebab kebangkrutan usaha anda agar anda tidak mengulangi kejadian yang sama. Setidaknya anda akan lebih faham dan berhati – hati ketika muncul permasalahan yang serupa nantinya.

  • Perluas Wawasan

Mulailah dari pengetahuan dasar dan pengetahuan umum yang berkaitan erat dengan usaha anda. Untuk menggali sebuah ilmu, tidak lagi sesulit zaman dahulu kala. Anda hanya tinggal mencarinya di berbagai sumber, internet misalnya. Bukankah sekarang semua akses ilmu pengetahuan di buat menjadi lebih mudah? Cobalah bertanya pengalaman para senior. Tentunya anda bukan orang pertama yang mengalami kebangkrutan. Pengalaman adalah pelajaran dan guru yang berharga. Cobalah cari tahu tentang pengalaman para senior yang terlebih dahulu menghadapi masalah yang sama namun tetap kembali bangkit dan berjaya.

  • Temukan Peluang

Hal penting lainnya setelah anda mempelajari pola kesalahan dimasa lampau adalah menemukan beberapa solusi yang efektif. Selalu ada solusi dan selalu ada peluang jika anda memahami kesalahan di masa lalu dan mempelajari pengalaman – pengalaman para pebisnis lainnya. Pastikan peluang tersebut benar-benar bagus untuk perkembangan bisnis anda

  • Selalu Mengikuti Perkembangan

Jangan pernah terpaku pada sebuah topik permasalahan. Lihatlah lingkungan sekitar, prediksi kemauan pasar dan lebih selektif dalam memulai kembali usaha anda. Kebangkrutan memang hal sulit, namun jika anda bisa mengikuti perkembangan zaman, anda pastinya bisa kembali bangkit dan mengembangkan usaha anda.

  • Tingkatkan Jam Kerja

Hal ini mungkin akan terasa sangat sulit untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang terbiasa bekerja pada orang lain dan hanya melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar yang ditentukan. Namun, seorang pengusaha sukses, harus bisa bekerja lebih dari orang lain. Saat orang lain bekerja sesuai dengan kebutuhannya, maka Anda harus bekerja lebih banyak dari biasa yang dia kerjakan sehari-harinya. Artinya, mereka akan bekerja di atas rata-rata hingga akhirnya mencapai tujuan dan kesuksesan mereka.

  • Kembangakan Jaringan Pertemanan

Jika Anda kurang bersosial dalam kehidupan, berarti ada yang salah dalam hidup Anda, Anda harus manfaatkan link pertemanan Anda untuk mencari solusi dari keterpurukan bisnis/usaha Anda, baik itu berupa saran atau modal ringan untuk membangun usaha Anda kembali. Kembangkan terus jaringan pertemanan Anda agar setidaknya apa yang Kita rasakan, mendapat sokongan moril dari pertemanan Anda.

  • Pupuk keyakinan diri bahwa badai pasti berlalu

Dalam kehidupan ada perputaran antara masalah dan kebahagiaan. Jangan serta merta putus asa menghadapi keadaan yang sedemikian rumit . Semua masalah, termasuk kebangkrutan yang sedang Anda alami, pasti memiliki ujung dan akhir.
Teruslah bersikap pantang menyerah, pelihara kemampuan untuk berpikir jernih. Tidak mudah memang tetapi inilah yang harus Anda lewati sebagai seorang entrepreneur.

  • Minta bantuan pihak ketiga yang profesional

Untuk menyelesaikan masalah kebangkrutan dengan tuntas, Anda bisa menyewa jasa tenaga profesional. Jenis jasa ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menegosiasikan utang piutang, Anda bisa sewa jasa penasihat hukum atau konsultan bisnis yang berpengalaman dan tepercaya. Tahan diri untuk bertindak instan dan sembrono. Keinginan untuk mencapai solusi secara instan akan menjadi bumerang suatu saat bagi Anda.

  • Pertahankan perusahaan

Saat sebuah perusahaan dirundung masalah kebangkrutan, ada baiknya entrepreneur mempertimbangkan untuk mempertahankannya sebatas kemampuannya. Masa kelam ini menjadi saat yang sesuai untuk menguji kesetiaaan para karyawan. Di samping itu, dengan mempertahankan perusahaan, masih terbuka peluang untuk menyelesaikan masalah keuangan (misalnya utang piutang) yang menjadi sumber masalah utama kebangkrutan.

Jadi janganlah berputus asa ketika anda dirundung masalah seberat apapun, yakin dan percaya tidak ada cobaan yang melebihi batas kemampuan anda. Ini adalah proses bagaimana anda mendewasakan diri untuk meraih kesuksesan yang lebih di masa depan.

  • Berkomunikasi dengan entrepreneur yang pernah alami hal serupa

Saat alami kebangkrutan, tetaplah berkomunikasi dengan banyak orang. Mengurung diri terlalu lama akan memberikan efek putus asa yang lebih besar. Tentu Anda harus tetap mendekatkan diri pada Tuhan agar lekas bangkit tetapi jangan lupa untuk juga mengokohkan jejaring bisnis. Di saat genting seperti inilah, jejaring bisnis menjadi jaring pengaman yang bisa mengangkat Anda dari kebangkrutan.

Jika Anda memiliki mentor atau setidaknya rekan yang sudah lebih banyak memiliki pengalaman dalam dunia entrepreneurship, cobalah untuk meminta sebagian waktunya untuk bisa mengobrol dekat dari hati ke hati. Jika Anda dikenal sebagai pengusaha yang suka bekerja keras dengan reputasi yang baik tanpa cela, kebangkitan dari kebangkrutan adalah hanya soal waktu. Dan bila Anda pernah membantu beberapa orang rekan sesama entrepreneur sebelumnya, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk bangkit dengan cara yang sama-sama saling menguntungkan. Inilah manfaat memiliki jejaring bisnis, Anda tak akan pernah sendirian menghadapi krisis.

Sekian penjelasan artikel dari Kami tentang Usaha Anda Bangkrut ? Segera Bangkit !. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam mengembangkan usaha toko dan minimarket Anda.

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
Previous «